cara membuat program kalkulator kasir sederhana 2 variabel
Program ini gue buat waktu di kasih tugas sama dosen mata kuliah Pemrograman Berbasis Objek. Program yang gue buat ini cukup simple,
Gue berusaha jelasin secara detail dari memulai Java Netbeans sampai program kalkulator sederhana selesai dibuat. Pastikan Netbeans IDE nya sudah terinstall dengan baik. Gue pake Netbeans IDE versi 8.0.2. Gue saranin lo pake Netbeans yang versinya ga terlalu jauh dengan yang gue pake.
It's time to begin.
It's time to begin.
Buat Project Aplikasi Baru
Buka Program Netbeans IDE yang sudah terinstall di PC.
Klik File --> New Project
Perlu diketahui program yang akan kita buat adalah aplikasi java biasa yang menggunakan GUI ( Graphic User Interface )
Pilih kategori Java, dan project Java Application
Lalu klik Next >
Nama project kita sekarang adalah KalkulatorSederhana.
Tips : Untuk project name saya sarankan tidak menggunakan spasi.
Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen TampilanKalkulator.java
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah
Klik File --> New Project
Perlu diketahui program yang akan kita buat adalah aplikasi java biasa yang menggunakan GUI ( Graphic User Interface )
Pilih kategori Java, dan project Java Application
Lalu klik Next >
Tampilan Membuat Project Aplikasi Java baru |
Tips : Untuk project name saya sarankan tidak menggunakan spasi.
Lokasi project simpanlah di folder yang aman dan nyaman. hehe
Uncheck Create Main Class. Karena pada saat membuat program nanti kita akan menggunakan class JFrame sebagai main class.
Klik Finish
Project baru telah selesai dibuat.
Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form
Isi nama kelas dengan TampilanKalkulator. Tidak boleh ada spasi di nama kelas.
Lalu klik Finish.
Untuk mempermudah membuat desain tampilannya, gue saranin pake Layout Manager Absolute Layout. Sebelumnya, pastikan Window Navigator sudah diaktifkan ( Window --> Navigating --> Navigator ).
Caranya mengubah layout managernya, klik tab Design di dokumen TampilanKalkulator.java lalu lihat di window Navigator ( sebelah kiri layar ) --> Klik kanan di [JFrame] --> Set Layout --> Absolute Layout
Uncheck Create Main Class. Karena pada saat membuat program nanti kita akan menggunakan class JFrame sebagai main class.
Klik Finish
Penamaan dan lokasi project java |
Project bernama KalkulatorSederhana selesai dibuat. Source Packages masih kosong |
Persiapan desain interface Aplikasi Java
Setelah membuat project baru, selanjutnya adalah mendesain tampilan kalkulator yang akan kita buat.Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form
Isi nama kelas dengan TampilanKalkulator. Tidak boleh ada spasi di nama kelas.
Lalu klik Finish.
Untuk mempermudah membuat desain tampilannya, gue saranin pake Layout Manager Absolute Layout. Sebelumnya, pastikan Window Navigator sudah diaktifkan ( Window --> Navigating --> Navigator ).
Caranya mengubah layout managernya, klik tab Design di dokumen TampilanKalkulator.java lalu lihat di window Navigator ( sebelah kiri layar ) --> Klik kanan di [JFrame] --> Set Layout --> Absolute Layout
Mendesain tampilan aplikasi
Sekarang adalah saatnya mendesain tampilan aplikasi kalkulatornya. Cukup drag and drop dari window pallete ( Window --> Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalam Design TampilanKalkulator.java kita, geser kiri kanan bawah atas panjang lebar dan buatlah desain kalkuator seperti dibawah ini.
Untuk mengubah teks dan nama variabel komponen caranya :
klik kanan pada komponen yang akan di modif --> Edit Text ( untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name ( Untuk mengubah nama variabel komponen )
Agar sesuai dengan kodingan yang udah gue buat, ganti Variable Name tiap komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, kava bersifat CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi kodingan.
Menulis kode java
Setelah selesai membuat desain interfacenya, sekarang satanya mengisi kodingan Java nya.Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen TampilanKalkulator.java
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah
public class barang extends javax.swing.JFrame {
String angka;
double jumlah,angka1,angka2,diskon;
int pilih;
Untuk mengisi kodingan, secara default tinggal Double Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed ( panjangnya klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ). Artinya kalau misanya user meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode yang kita tulis di objek actionPerformed.
Inilah kode- kode yang harus ditulis pada setiap JButton
Inilah kode- kode yang harus ditulis pada setiap JButton
Tombol 0 s.d 9
angka += "+";
display.setText(angka);
Nilai x sesuai dengan angka pada tombol (JButton) yang akan ditampilkan di display (JTextField).
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.
Tombol koma (,)
angka += ".";
display.setText(angka);
Tombol C (Clear)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
Tombol on(hidupkan)
display.setText("");
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka="";
Memastikan semua komponen dan variabel bernilai nol / null.
Tombol ( + )
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1;
Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe data Double, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu ke Double.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.
Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.
Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)
Tombol ( - )
Tombol (x)
Tombol ( / )
1
2
3
4
| angka1=Double.parseDouble(angka); display.setText( "-" ); angka= "" ; pilih= 2 ; |
Tombol (x)
1
2
3
4
| angka1=Double.parseDouble(angka); display.setText( "*" ); angka= "" ; pilih= 3 ; |
Tombol ( / )
Komentar
Posting Komentar