cara membuat program kalkulator kasir sederhana 2 variabel




Program ini gue buat waktu di kasih tugas sama dosen mata kuliah Pemrograman Berbasis Objek. Program yang gue buat ini cukup simple, 
Gue berusaha jelasin secara detail dari memulai Java Netbeans sampai program kalkulator sederhana selesai dibuat. Pastikan Netbeans IDE nya sudah terinstall dengan baik. Gue pake Netbeans IDE versi 8.0.2. Gue saranin lo pake Netbeans yang versinya ga terlalu jauh dengan yang gue pake.

It's time to begin.

Buat Project Aplikasi Baru

Buka Program Netbeans IDE yang sudah terinstall di PC.
Klik File --> New Project 

Perlu diketahui program yang akan kita buat adalah aplikasi java biasa yang menggunakan GUI ( Graphic User Interface )

Pilih kategori Java, dan project Java Application
Lalu klik Next >
Membuat Project Aplikasi Java Baru
Tampilan Membuat Project Aplikasi Java baru
Nama project kita sekarang adalah KalkulatorSederhana.
Tips : Untuk project name saya sarankan tidak menggunakan spasi.




Lokasi project simpanlah di folder yang aman dan nyaman. hehe

Uncheck Create Main Class. Karena pada saat membuat program nanti kita akan menggunakan class JFrame sebagai main class.
Klik Finish
Penamaan dan lokasi project java
Penamaan dan lokasi project java
Project baru telah selesai dibuat.
Project bernama KalkulatorSederhana selesai dibuat
Project bernama KalkulatorSederhana selesai dibuat.
Source Packages masih kosong 

Persiapan desain interface Aplikasi Java

Setelah membuat project baru, selanjutnya adalah mendesain tampilan kalkulator yang akan kita buat.

Klik kanan pada package <default package> --> New --> JFrame Form

Isi nama kelas dengan TampilanKalkulator. Tidak boleh ada spasi di nama kelas.

Lalu klik Finish.
Untuk mempermudah membuat desain tampilannya, gue saranin pake Layout Manager Absolute Layout. Sebelumnya, pastikan Window Navigator sudah diaktifkan ( Window --> Navigating --> Navigator ).

Caranya mengubah layout managernya, klik tab Design di dokumen TampilanKalkulator.java lalu lihat di window Navigator ( sebelah kiri layar ) --> Klik kanan di [JFrame] --> Set Layout --> Absolute Layout

Mendesain tampilan aplikasi

Sekarang adalah saatnya mendesain tampilan aplikasi kalkulatornya. Cukup drag and drop dari window pallete ( Window --> Pallete ) yang berada di kanan layar ke dalam Design TampilanKalkulator.java kita, geser kiri kanan bawah atas panjang lebar dan buatlah desain kalkuator seperti dibawah ini.








Untuk mengubah teks dan nama variabel komponen caranya :
klik kanan pada komponen yang akan di modif -->  Edit Text ( untuk mengubah teks yang tampil) atau Change Variable Name ( Untuk mengubah nama variabel komponen )


Agar sesuai dengan kodingan yang udah gue buat, ganti Variable Name tiap komponen sesuai daftar nama variabel dibawah ini. *Hati-hati, kava bersifat CaseSensitive artinya besar kecil huruf mempengaruhi kodingan.



Menulis kode java

Setelah selesai membuat desain interfacenya, sekarang satanya mengisi kodingan Java nya.
Pertama-tama adalah mendefinisikan tipe data
Klik tab Source di dokumen TampilanKalkulator.java 
Tulis definisi variabel yang kita butuhkan tepat dibawah


public class barang extends javax.swing.JFrame {
String angka;
double jumlah,angka1,angka2,diskon;
int pilih;


Untuk mengisi kodingan, secara default tinggal Double Click pada komponen yang di inginkan maka kita langsung menggunakan Event actionPerformed ( panjangnya klik kanan pada komponen yang diinginkan --> Events --> Action --> actionPerformed ). Artinya kalau misanya user meng-klik tombol maka java akan menjalankan kode yang kita tulis di objek actionPerformed.

Inilah kode- kode yang harus ditulis pada setiap JButton


    Tombol 0 s.d 9

angka += "+";
display.setText(angka);


Nilai x sesuai dengan angka pada tombol (JButton) yang akan ditampilkan di display (JTextField).
Maksud kode diatas adalah jika suatu tombol angka di klik maka akan meletakan 1 digit angka tertentu di sebelah kanan variabel angka. Lalu mengubah text pada display menjadi isi dari variabel angka.

Tombol koma (,)


angka += ".";
display.setText(angka); 

Tombol C (Clear)           

display.setText("");                                       
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka=""; 

Tombol on(hidupkan)
display.setText("");                                       
angka1=0.0;
angka2=0.0;
jumlah=0.0;
angka=""; 

Memastikan semua komponen dan variabel bernilai nol / null.

Tombol ( + ) 

angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("+");
angka="";
pilih=1; 


Variabel angka1 merupakan penampung angka yang nantinya akan di operasikan dengan variabel angka2. Karena variabel angka1 kita deklarasikan bertipe data Double, maka variabel angka yang bertipe data String harus di konversikan dulu ke Double.
Mengubah teks pada display menjadi simbol +.
Variabel angka dikosongkan kembali untuk menampung String angka yang nantinya akan diberikan ke variabel angka2.
Pilih = 1 adalah integer yang berfungsi untuk pemilihan aksi pada switch case di jika tombol sama dengan ( = ) ditekan.

Untuk tombol operasi bilangan lainnya menyesuaikan seperti kode pada button (+)

Tombol ( - )
?
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("-");
angka="";
pilih=2;

Tombol (x)
?
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("*");
angka="";
pilih=3;

Tombol ( / )
?
1
2
3
4
angka1=Double.parseDouble(angka);
display.setText("/");
angka="";
pilih=4;


switch(pilih){ case 1: angka2 = Double.parseDouble(angka); jumlah = angka1 + angka2; if (jumlah >= 200000) { diskon = jumlah * 15 / 100; jumlah = jumlah - diskon;} System.out.println("Diskon = 15%"); angka = Double.toString(jumlah); display.setText(angka); break; case 2: angka2 = Double.parseDouble(angka); jumlah = angka1 - angka2; if (jumlah >= 200000) { diskon = jumlah * 15 / 100; jumlah = jumlah - diskon;} angka = Double.toString(jumlah); display.setText(angka); break; case 3: angka2 = Double.parseDouble(angka); jumlah = angka1 * angka2; if (jumlah >= 200000) { diskon = jumlah * 15 / 100; jumlah = jumlah - diskon;} angka = Double.toString(jumlah); display.setText(angka); break; case 4: angka2 = Double.parseDouble(angka); jumlah = angka1 / angka2; if (jumlah >= 200000) { diskon = jumlah * 15 / 100; jumlah = jumlah - diskon;} angka = Double.toString(jumlah); display.setText(angka); break; default: break; case 5 : angka2 = Double.parseDouble(angka); angka3 = Double.parseDouble(angka); jumlah = angka1 + angka2+ angka3; if (jumlah >= 200000) { diskon = jumlah * 15 / 100; jumlah = jumlah - diskon;} System.out.println("Diskon = 15%"); angka = Double.toString(jumlah); display.setText(angka); break; } // TODO add your handling code here: }



Sebelum operasi bilangan dilakukan, variabel angka2 harus dikonversikan terlebih dahulu ke tipe data Double.
Variabel jumlah melakukan operasi bilangan angka1 dan angka2 yang sudah dikonversi ke tipe data Double.
dan untuk menambahkan potong harga saya memberikan contoh
jika anda membeli lebih dari 200000 maka akan mendapatkan potongan 15%
co:if (jumlah >= 200000) { diskon = jumlah * 15 / 100; jumlah = jumlah - diskon;} System.out.println("Diskon = 15%");

dan ditambahkan pada setiap caseVariabel angka mengkonversi variabel jumlah yang bertipe data Double menjadi String agar yang bisa ditampilkan di display.


Mengatur Properti JFrame
Klik kanan di area (container) Desingn JFramenya --> Properties.

  • Isi title JFrame.
  • Uncheck resizable. Ini bermaksud agar pada saat program di Run user tidak bisa di mengubah panjang atau lebar window.
Properti JFrame di aplikasi kalkulator
Properti JFrame
Mengatur Properti JTextField

Klik kanan di komponen JTextField yang berada di dalam container JFrame --> Properties


  • Uncheck editable. Agar user tidak dapat memasukan karakter langsung dari keyboard. Menghindari karakter yang tidak diinginkan masuk ke display.
  • Horizontal Alignment ubah menjadi Right. Agar posisi angka menjadi rata kanan seperti kalkulator pada umumnya. 
Properti display kalkulator
Properti JTextField display

Menjalankan Aplikasi

Terakhir, adalah menjalankan Aplikasi Java nya.
Klik Run --> Run Project atau Run File.



Selamat, anda telah menyelesaikan satu project Java menggunakan Netbeans. :)

untuk scriptnya sendiri coba liihat dibawah ini











































Komentar

Postingan populer dari blog ini